Laman

Rabu, 13 Agustus 2014

Kuliner di Kotaku

         Siapa yang tidak tahu makanan di samping ini ? Yapp Bakso . Makanan yang satu ini pasti tidak asing lagi di telinga kita , terutama warga Malang . Makanan yang terbuat dari daging sapi ini , biasa dihidangkan dengan kuah serta pelengkap seperti bihun , tahu , lontong , goreng , rajangan seledri , bawang goreng , saos tomat , sambal , serta kecap. Sedangkan bakso itu sendiri , warga Malng sering menyebutnya pentol . Pentol banyak variasinya , ada yang hanya pentol murni, ada yang berisi telur puyuh, telur ayam maupun telur itik. Ada juga pentol yang dicampuri dengan urat sapi. Ini yang paling banyak disukai dan biasanya disebut bakso urat sapi. So, kalau mau makan Bakso yang paling lezat datang saja ke Malang karena disini banyak di sediakan kuliner bakso yang rasanya Maknyusssssss.

                   Selanjutnya adalah Rujak Cingur . Rujak Cingur adalah masakan yang berasal dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Rujak ini sangat mirip dengan rujak uleg atau rujak sayur, yaitu rujak yang proses pembuatan bumbunya dengan cara diuleg, sedangkan bahan dasar rujak itu sendiri adalah sayur mayur yang tentu penuh gizi.
          Beda Rujak Cingur dan Rujak Uleg
Lalu apa bedanya rujak cingur dengan rujak uleg atau rujak sayur.? Seperti namnya, makanan khas Jawa Timur ini memiliki keistimewaan, yaitu adanya penambahan bahan cingur pada rujak.
Cingur adalah bagian dari badan Sapi, yaitu tulang rawan di sekitar bibir atau moncong Sapi. Dalam bahasa Jawa, Cingur berarti bibir. Selain di daerah bibir, bisa juga menggunakan tulang rawan di sekitar kaki Sapi (kikil)
          Bagi warga Indonesia, khususnya penduduk Jawa Timur, makanan rujak cingur tentu bukan makanan yang asing lagi di lidah. Rujak yang disebut salad Jawa ini memang memiliki cita rasa yang unik, terutama pada bumbu rujak yang berbahan kacang goreng. Rujak cingur ini banyak di jumpai di Jawa timur khususnya di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. Di mall-mall besar pun di Jawa Timur selalu ada pujasera yang menyajikan rujak cingur sebagai menu utama. Kalau tidak suka Pedas bisa pesan yang tidak pakai lombok. karena rujak cingur selalu bumbunya di buat saat itu juga,jadi bisa diatur pedas atau tidak. Malah bisa melihat goyangan penguleknya yang khas jika mau membuat Rujak Cingur. Mari buru rujak cingur sekarang juga . Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Jawa Timur tapi tidak bisa menikmati , lezatnya Rujak cingur atau Salad Jawa.



       Saat akan kembali ke kota asal , setelah berhari-hari jalan-jalan di kota yang terkenal dengan sebutan kota Bunga. Tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan yang satu ini, Keripik Buah . Salah satu contohnya adalah Keripik Apel . Karena Malang terkenal dengan Apel Malang nya yang memang berasal dari kota tersebut .
        Cara pembuatannya tidak begitu rumit.Apel Segar kupas dari kulitnya , setelah itu cuci di air bersih , iris apel tipis-tipis, rendam irisan apel tadi di dalam air selama 30 menit sampai warnanya kecoklatan sedikit pudar lalu angkat dari rendaman, masukan dalam penggorengan selama 1 jam (ada baiknya memakai vacum frying) , angkat apel kemudian tiriskan (gunakan mesin peniris apabila ada ) , dinginkan di temperatur normal. Tidak hanya apel , buah-buah lain juga dibisa dibuat keripik seperti salak,nangka ,blimbing,semangka ,dll.
           Nah , tunggu apalagi segera kunjungi pusat oleh di kota Malang dan temukan kerenyahan keripik buahnya . Selamat menikmati .

 Sumber : http://www.pusat-definisi.com/2012/11/bakso-adalah.html
               http://makanankhasjawa.com/rujak-cingur-surabaya.html
               http://grosirkeripikbuahblog.wordpress.com/cara-cara-membuat-keripik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar